The best year of my life…so far

2012 is hard work
2012 is tears
2012 is Labtek II
2012 is joy
2012 is hope
And 2012 is a triumph

———

Bali, 31 Desember 2011 – 1 Januari 2012

“Land,di mana? Gue di Hard Rock. ”
“Gua di Paddy’s Club. Ke sini aja dik.”

Okay, pembicaraan itu adalah awal dari sebuah kisah perayaan tahun baru terliar dan tergila sepanjang hidupku selama ini. Aku langsung ke Paddy’s Club begitu Roland balas bbm. Sesampainya di sana, aku kenalan sama temen-temennya Roland dan bergabung dengan mereka. Suasana Paddy’s Club sangatlah ramai dan padat especially foreigners. There were a lot of bule there. Kami bergoyang mengikuti irama musik yang dimainkan oleh sang DJ. Semakin mendekati pergantian tahun, suasana semakin ‘panas’. Salah satu teman kami sebut saja X mulai terlihat sedikit tipsy. Melihat hal itu, aku dan yang lainnya mulai menjaga dia. Jangan sampai dia sampai melakukan hal yang aneh-aneh. Benar saja, dia mulai kehilangan kesadaran dan mengajak wanita-wanita yang lewat untuk berjoget dengannya. Bahkan wanita-wanita yang memiliki gandengan pun langsung diajak berjoget. Jam 12 pun lewat. Suasana semakin heboh. Semua orang bergembira melewati tahun baru. X terlihat makin teler. Diapun kami tidurkan di sofa. Waktu telah menunjukkan pukul 2 pagi. Karena salaha satu teman cewek kami merasa pusing, kami pun memutuskan untuk menyudahi pesta dan kembali ke penginapan. Saya pun membangunkan X yang sudah pergi ke alam tidur aelama beberapa saat.

“X, bangun. Kita pulang. ”
” hhhmmmm… ” dia hanya menggeram
” X berdiri ya. Jalan. Ntar gue bopong. ”
” hhhhmmmmm…. ” We consider that as a yes.
Kita pun menolong dia untuk berdiri dan berusaha keluar dari Paddy’s Club. Suasana Bali ketika tahun baru pukul 2 pagi di Jalan Legian ternyata super ramai sekali. Masih seperti pukul 7 malam. Mobil berada di ujung jalan Legian and the worse is that way is a one-way. So we have to walk to the opposite direction to reach our car. Kita pun membopong X yang awalnya hanya perlu 2 orang saja karena X masih berusaha untuk jalan. Tetapi ketika kita menyeberang jalan Legian, dia mendadak lemas tak sadarkan diri. FYI, postur X itu seperti Alif kurusan dikit. Aku termasuk salah satu dari 2 orang yang membopong dia awalnya. Kami berdua karena merasa keberatan dan tidak kuat untuk mengangkat cuma berdua, kami menaruhnya di tengah jalan Legian. Yep, di tengah jalan. Literally. X benar-benar tidak sadarkan diri. Kami pun memutuskan untuk menggendong dia. Diperlukan minimal 4 orang untuk membawa dia. Kami pun meneruskan perjalanan. Sambil menggendong X kami mencoba untuk menyadarkan dia. Dia sadar dan mencoba untuk sadar dan berjalan lagi. Kami melewati monumen Bom Bali. Tiba-tiba X sadar. Dan tiba-tiba juga dia melepaskan tangannya dari pundakku dan dia memegang roda depan sebuah motor yang sedang melintas di samping kita. Seketika pula dia mengangkat roda sepeda motor tersebut ke atas. Mbak-mbak yang sedang mengendarai motor itu pun langsung berteriak histeris. Kami pun langsung melepaskan tangan X dari motor tersebut dan menurunkannya perlahan. Pada saat itu kondisi jalan sangat ramai sehingga kami menjadi pusat perhatian. Banyak orang yang merekam kejadian X mengangkat motor dengan satu tangan. At that time I was so shocked and thrilled. Hahahaha.. Setelah itu kami sampai di mobil dan sampai di penginapan dengan selamat. What a crazy moment to begin 2012. Yet, it is unforgettable.

…………..

Sebagian besar tahun 2012 aku habiskan dengan MBWG. Hampir setiap hari aku memiliki cerita tersendiri dengan MBWG. 2012 is a busy year for MBWG. Gimana ga heboh, ada 2 proker besar, BMBC dan IBBC. Banyak orang terutama angkatan tua yang berpendapat bahwa 2 proker besar dalam satu kepengurusan itu susah. And yes. It is hard. Tapi saya memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada. Jika kita tidak mengikuti kompetisi tahun ini, tidak ada penurunan nilai kompetisi kepada angkatan bawah. Karena kompetisi terakhir yang diikuti adalah GPMB dengan mayoritas pemainnya adalah 2009, tahun 2012 adalah tahun terakhir 2009 bisa terlibat dengan penuh dalam sebuah kompetisi. Entah itu sebagai pemain, pelatih, atau panitia. IBBC juga terakhir dilaksanakan pada tahun 2009 dengan angkatan 2009 waktu itu adalah angkatan termuda dalam kepanitiaan itu. IBBC juga merupakan acara besar MBWG sejak tahun 1991. Acara seperti ini memiliki potensi dan proapek yang cukup tinggi mengingat penikmat musik jazz dewasa ini aemakin banyak dan mulai menjangkau semua kalangan. Dengan visi Solid, Kompeten, dan Standar tinggi, saya menargetkan Juara BMBC dan sold out tiket IBBC. It’s hard but it’s not imposibble.

Persiapan BMBC dan IBBC memang sama-sama terhambat di bagian dana. Jika BMBC, gara-gara acara tersebut untuk mendanai operasional kami mengikuti kompetisi dan prestasi kami terakhir belum cukup menjanjikan, banyak sponsor yang tidak membalas proposal kami. Sedangkan IBBC sendiri seharusnya bisa mendapatkan dana yang lumayan dari sebuah perusahaan tetapi karena sesuatu hal, dananya tidak jadi sesuai nominal awal tetapi kami sudah berterima kasih banyak perusahaan tersebut bersedia membantu kami. Salah satu alasan lainnya adalah karena perubahan tanggal IBBC yang membuat perusahaan kurang mempercayai kepastian acara ini. Lalu bagaimana solusi untuk kedua acara ini? Beruntung bagi kami memiliki Paguyuban Alumni yang sudah banyak sekali membantu acara ini. Mereka bersedia membantu kami baik dari sisi materi maupun non-materi. Dan kami pun juga memberikan yang terbaik dan Puji Tuhan, semua target tercapai. Juara BMBC dan sold out tiket IBBC. WOW. Sampai detik ini saya masih amazed dengan semua pencapaian ini.

Yang terpenting dari semua hal adalah proses. Hasil akhir merupakan akibat dari sebuah proses. Jika prosesnya baik dan benar, niscaya hasil akhirnya juga benar dan sesuai dengan yang diinginkan. Semua pencapaian yang dicapai oleh MBWG di tahun 2012 adalah akibat dari sebuah proses yang cukup baik. Proses yang melibatkan banyak sekali pihak. Dan dasar dari semua proses itu adalah kemauan dan kemampuan. Dua hal itu harus mutlak ada jika ingin melakukan sesuatu. Semua orang mau menjadi juara. Semua orang mau menjadikan MBWG lebih dikenal masyarakat luas. Semuanya mau MBWG lebih baik ke depannya. Semua yang terlibat juga sadar akan kemampuan masing-masing dan menyalurkannya. Saya sungguh amat sangat berterima kasih kepada semuanya. Memang semuanya terjadi di kepengurusan BP Sutet. Tapi BP saya hanyalah sebagai katalis saja. Semua umpan sudah dimasukkan ke dalam reaktor sejak dahulu. Dengan waktu reaksi selama ini, keluarlah output overall yang diinginkan. Dan semua proses tersebut: priceless.

BMBC 2012

IBBC 2012

Badan Pengurus MBWG ITB 2011/2012 dan pimpro-pimpro acara besarnya adalah salah satu tim termantap yang pernah saya pimpin. Berbekal keinginan untuk menjadikan MBWG bagaimanapun caranya, kami semua bekerja sekuat tenaga mewujudkan hal itu dengan cara kami masing-masing. Terima kasih Fika yang sudah berusaha dan memberikan yang terbaik meskipun serongkali berada dalam kondisi yang cukup sulit. Terima kasih Ana yang udah mengurusi kas dan selalu mengingatkan saya agar tidak selalu memberikan uang untuk apapun. Terima kasih Alif buat semua proker internal yang selalu bisa membuat sebuah senyuman dan kenangan manis di hati kami semua. Terima kasih Meutia yang meskipun angkatan 2010 tapi tetap mau menjadi kordiv dan tetap bekerja dengan baik meskipun menjadi pemain juga. Terima kasih Ikbal, salah satu orang paling kuat di antara kami. Meskipun kondisi badannya seringkali tidak memungkinkan untuk turun tetapi dia tetap selalu memaksanya. Hasilnya? BML yang super. Terima kasih Mila. Makasih banyak mil buat semuanya. Makasih banyak udah selalu menjadi orang yang selalu bisa diandalkan. Gue ga tau kalo lo ga ada. Terima kasih Ais. Orang yang sudah memberikan banyak event kepada kami dan memberikan banyak pemasukan untuk operasional kita. Terima kasih Fedriz. Orang yang selalu membuat gue berpikir dari banyak sisi dan kemungkinan-kemungkinan lain yang dapat terjadi. Terima kasih Yunadi. Partner in crime gue dalam makan babi dan mengurus unit ini. Makasih banyak Yun buat semua hal non-logistik yang udah lo lakuin. Terima kasih sebanyak-banyaknya buat Ihsan dan Dania. Yang sudah merealisasikan mimpi gue. Betapa kalian membuat semuanya lebih indah dari yang gue perkirakan. Terima kasih juga buat Nanda. GubPin 2012. Makasih udah mau selalu ikut rakor sampe subuh. Makasih udah berusaha merangkul teman-teman seangkatannya dalam menjalankan PINKA 2012. Dan terakhir makasih buat Andhika. Yep myself. Makasih udah mau menjadi orang yang available buat semua urusan. Makasih udah menyediakan badan yang hampir selalu prima walau jarang diberi istirahat. Makasih udah cukup bisa membagi waktu dalam semua hal. Sebuah kehormatan besar dapat bekerja dengan kalian semua, teman-teman.

Servus Servorum

…………

Dunia teknik kimia dalam tahun 2012 juga ga kalah gilanya. Semester II 2010/2011 merupakan masa kejam di mana ada Labtek II dan Penulap. Dua hal yang boom boom pow banget. Beruntung sekali aku memiliki dua orang partner yang super kece. Partnerku ketika Labtek II adalah HugiDia sangat pengertian terhadap aktivitas saya yang cukup banyak dan menyita banyak waktu. Dia yang merancang pembagian kerja dengan sangat baik. Saya sangat beruntung memiliki partner seperti dia. Dari keempat modul Labtek II, semuanya cukup menantang dan bisa dibilang kelompok kami cukup sial dalam menjalaninya. Modul I: kolom kami pecah. Modul II: gampang tapi variasinya sangat banyak. Modul III: datanya cukup kacau ditambah kesalahpahaman dalam pembuatan janji pembicaraan akhir. Modul IV: variasi cukup susah dan kelompok setelah kami menggunakan alat baru yang digital bukan analog seperti kami. Phew. Unforgettable.

Penulap tidak kalah heboh. Beruntung juga saya memiliki partner yang super juga Dwi Sasetyaningtyas yang juga super pengertian dengan aktivitas saya. Dan dia juga pemusik juga bahkan ketua konser ISO. Luar biasa emang doi. Dengan pembimbing yang super segalanya, super pinter, super baik, super jalan-jalan, Pak Tatang, kami meneliti tentang garam yang juga mendapatkan bantuan dari Balitbang Kelautan Perikanan. So far so good. Ya kan, Yas? Hahahaha.. Hope our research end successfully in January 2013.

2012.
Mayans said that 2012 is doomsday.
For me, it is the best.

Happy New Year Folks!
Let’s make another beautiful history.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s