42 Tahun Marching Band Waditra Ganesha

Life starts in 40

-Anonymous-

Dalam kehidupan manusia memang biasanya kehidupan sesorang lebih berwarna ketika memasuki umur 40an. Umur di mana keluarga sudah ada, pekerjaan mulai mantap, impian-impian mulai terwujud, Many people say that 40s is the golden age. That’s what usually happen in human life. What about an organization which already reach 40?

Unit saya, MBWG ITB, pada tanggal 17 Mei 2013 berulang tahun ke 42. Umur yang cukup tua bagi unit Marching Band di Indonesia. Kata senior sih untuk jenis Marching Band, unit kita merupakan yang pertama di Indonesia. Sebelum MBWG format yang telah ada adalah Drum Band. Fakta tersebut membuat saya selalu bangga dengan unit ini karena hal tersebut menunjukkan bahwa MBWG adalah unit yang besar dan memiliki banyak kenangan dan sejarah. Dosen-dosen saya pun ada yang bercerita ketika beliau dulu masih berkuliah di ITB. Dulu ketika MBWG sudah menabuh drum, semua orang pasti langsung diam dan menyaksikan penampilan dengan sangat serius karena MBWG sangat keren. Itu testimoni dari dosen saya. Salah satu cerita yang saya ingat dari senior adalah MBWG dulu adalah pengiring Parade Senja di Istana Negara dan yang membawa MBWG tampil di Istana adalah Pak Satria Bijaksana yang waktu itu menjabat sebagai Ketua MBWG ITB. MBWG juga menjadi penampil pembukaan SEA GAMES jika tidak tahun 1977, tahun 1979 seingat saya. Sungguh sejarah-sejarah yang sangat membanggakan. Ketika saya dilantik sebagai anggota, saya ingin menorehkan sejarah baru yang juga tidak kalah membanggakan untuk MBWG.

Image

Rasanya baru beberapa bulan yang lalu saya menjadi Kadiv Humas dan Publikasi Dies Natalis MBWG ke 40 pada tahun 2011 lalu. Waktu itu idenya adalah ulang tahun ke 40 harus dirayakan dengan meriah. Banyak sekali ide yang masuk. Mulai dari parade sangat meriah di Jalan Dago yang di shoot memakai helikopter dan di-live streaming via Youtube sampai akhirnya membuat konser kolaborasi dengan bantuan composer terkenal Indonesia, Dwiky Dharmawan. Masih teringat di memori ketika Mas Dwiky berkunjung ke kampus dan melihat penampilan kami. Beliau juga berkata bahwa penampilan kami bagus dan beliau siap membantu kami. Ketika itu kami semua sungguh penuh semangat. Tetapi sayangnya gara-gara terkendala masalah dana, konser tersebut tidak jadi dilaksanakan sesuai konsep awal. Konser tersebut menjadi konser tertutup dengan penonton hanya alumni MBWG ITB saja. Meskipun demikian, acara tetap berjalan dengan lancar dan cukup meriah.

Image

Ulang tahun MBWG ke-41 jatuh ketika saya menjadi Ketua Umum periode 2011/2012. Waktu itu ulang tahun MBWG dirayakan dengan foto anggota (seperti biasa) dan malamnya ada acara Gala(u) Dinner. Sebuah acara yang menyenangkan. banyak anggota yang datang untuk merayakan ulang tahun MBWG ketika itu. Acara berjalan dengan sangat menyenangkan dan seru.

Image

 

Image

Dan tahun ini MBWG telah mencapai umurnya yang ke-42. Kami merayakan dengan potong kue dan berfoto bersama.

Terima kasih banyak MBWG selama 3++ tahun ini.
Terima kasih atas semua memori yang indah sejak PINKA 2009 hingga detik ini. Terlalu banyak momen-momen indah yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu.
Terima kasih banyak atas pengembangan diri bagi para anggotanya. Saya sangat merasakan perubahan positif pada diri saya yang saya yakin itu semua saya dapatkan di MBWG ini.
Terima kasih atas kesempatan memimpin selama 368 hari. Setiap hari merupakan hari yang memiliki cerita tersendiri ketika saya menjadi Ketua Umum.
Terima kasih atas keluarga yang telah menemani saya selama berkehidupan di ITB ini. Sungguh keluarga yang sangat hangat dan sangat erat ikatannya.
Terima kasih atas friends for life yang saya temukan di sini. Saya yakin kita semua menjadi teman erat hingga tua nanti. Hingga nanti kembali bertemu ketika Temu Alumni MBWG entah tahun berapa dan berpelukan kangen.

Saya yakin jika kondisi MBWG selalu seperti yang saya rasakan, unit ini akan terus berkembang menjadi unit yang lebih baik ke depannya. Jayalah MBWG! Kami semua akan selalu mendukung!

Oya, tentang sejarah baru yang ingin saya torehkan ketika saya dilantik, saya dan teman-teman saya telah berhasil membuatnya. MBWG menjadi Juara Umum BMBC 2012 Divisi Open. Prestasi seperti itu merupakan prestasi yang pertama setelah 25 tahun terakhir pada mata lomba yang sama.

Image

 

Image

 

I’ve checked one of my bucket list and I still have more dreams to be made.

 

Organized discipline. To Play Music. To Play Jokes

-MBWG ITB-

 

Leave a Reply

